Christmas in Japan

Seperti juga di negara barat suasana Natal di Jepang juga banyak diwarnai dengan ornamen2 khas Natal di tempat umum seperti Pohon Natal, Santa Claus, hiasan warna-warni, lagu Natal dlsb. Kebiasaan tukar menukar kado, dan makan ayam kalkun juga diadopsi oleh Jepang dari negara barat. Tapi jangan harap hari libur, karena tetap tanggal 25 Desember semua pekerja tetap bekerja, mall2 tetap buka pokoknya semua aktifitas tetap berjalan seperti biasa.
Kalau di negara barat ada Santa Claus yang suka bagi-bagi hadiah, di Jepang ada versi tersendiri yaitu “Hoteiosho”. Hoteiosho adalah “tuhan” atau mungkin pendeta yang digambarkan sebagai pria tua baik hati yang memanggul tas besar. Beberapa rumor mengatakan bahwa ia mempunyai mata di bagian belakang kepalanya. Penting bagi anak-anak untuk bersikap baik saat tersiar kehadiran Hoteiosho.
Bagi yang sudah berpasangan, Natal adalah momen yang ditunggu-tunggu utk ngedate sambil dinner ditemani kelap-kelip lampu Pohon Natal. Pokoknya sangat sempurna utk memadu kasih. Hotel2 pun menyediakan paket khusus Natal dengan service full dinner romantis. Malam Natal akan menjadi saat yang paling sulit untuk menemukan kamar hotel yang kosong. Walaupun tidak semua pasangan muda-mudi Jepang melakukannya, tapi sepertinya berkencan di malam Natal sudah menjadi ritual pribadi tersendiri bagi mereka. Tidak heran juga lagu Natal (lagu Natal sekuler) versi Jepang juga sering bertema cinta seperti Christmas Eve dari EXILE, So Merry Christmas dari mihimaru GT, berbagai versi lagu Last Christmas seperti dari Foxxi misQ, EXILE, BoA, dlsb, Anata to Christmas Eve dari AKB48, Christmas Love dari Kanaki, dan masih banyak lagi lagu natal bertema cinta.
Dan yang tidak ketinggalan yang paling ditunggu2 saat Natal adalah Kue Stroberi. Kue Stroberi adalah kue khas Jepang yang ada saat Natal. Kue ini adalah sejenis Sponge Cake yang dibungkus dengan whipped cream dan dihiasi oleh banyak sekali buah stroberi.
Dan satu lagi hal yang berbeda adalah, kalau di Indonesia biasanya perayaan Natal disambung sekalian sampai tahun baru, di Jepang suasana Natal yang sudah mulai bahkan sejak November, hanya sampai tanggal 25 saja dan mulai tanggal 26 Desember semua ornamen natal dan suasananya habis digantikan dengan suasana tahun baru, yang bagi orang Jepang adalah perayaan yang sangat penting karena berhubungan dengan kebudayaan Jepang yang asli.
Sebagai hadiah Natal buat kalian, saya hadiahkan resep membuat Kue Stroberi khas Jepang saat Natal…^^

Bahan:

Untuk sponge cake:
* 3/4 cangkir tepung terigu
* 2/3 cangkir gula
* 1 sdm susu
* 3 butir telur
* 1 1/2 sdm mentega

Untuk topping:
* 1 1/2 mangkuk Heavy Cream
* 4 Tbsps gula
* Buah stroberi

Persiapan:
Kocok telur dalam loyang. Kemudian taruh loyang ke dalam loyang lain yang berisi air hangat sambil terus dikocok. Tambahkan gula sedikit demi sedikit. Ketika campuran sudah tercampur rata dan berwarna agak kuning.
Saring tepung terigu. Kemudian tambahkan ke dalam campuran telur tadi sedikit demi sedikit sambil dicampur hingga rata.
Campur mentega ke dalam susu hangat. Kemudian tambahkan campuran mentega cair dan susu ke dalam adonan dan aduk rata.
Panaskan oven dgn suhu 350 derajat Celcius. Bungkus bagian dalam panci kue bundar ukuruan 18cm dengan kertas yang biasa dipakai untuk membuat cake atau roti. Tuang adonan dalam loyang dan panggang dalam oven selama 25-35 menit hingga matang.
Lepaskan kue dari panci dan dinginkan. Potong kue menjadi dua bagian secara horizontal. Kocok Heavy Cream dan gula dalam mangkuk. Ambil setengah bagian dari krim kocok, campur dengan buah stroberi cincang, lalu taruh di atas setengah bagian cake yang sudah dipotong tadi. Susun lagi dengan setengah bagian cake yang lain kemudian olesi seluruh permukaannya dengan sisa cream tadi. Terakhir hiasi bagian atasnya dengan sisa buah stroberi yang sudah diiris dan.
Simple kan?

dikutip dari: Japanlunatic Community

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s